Cara Mencegah Serangan Jantung

cara mencegah serangan jantung

Cara mencegah serangan jantung ~ Penyakit jantung adalah termasuk pada silence killer yang sudah banyak memakan korban. Penderita jantung banyak yang tidak menyadari bahwa kondisi jantung mereka dalam kondisi yang kurang sehat, padahal gejala penyakit jantung sudah banyak diketahui salah satu diantaranya adalah detak jantung yang tidak beraturan disertai rasa nyeri pada dada.

Serangan jantung yang mematikan bisa berlangsung begitu cepat dan tiba-tiba, pemicunya bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, makanan, minuman atau suatu lonjakan emosi yang signifikan, oleh sebab itu penderita jantung sebaiknya tidak diperdengarkan berita yang membuatnya terlalu bahagia maupun terlalu sedih.

Untuk menghindari bahaya serangan jantung secara mendadak, berikut ini adalah beberapa tips mencegah serangan jantung yang penting untuk dilakukan.

cara mencegah serangan jantung

cara mencegah serangan jantung

Tips Mengantisipasi Serangan Jantung

1) Menjaga tekanan darah
Salah satu upaya mencegah terjadinya serangan jantung adalah dengan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Caranya adalah dengan menjaga makanan yang di konsumsi, yaitu menghindari makanan yang banyak mengandung minyak, santan dan lemak. Selain itu juga diperlukan tindakan pengecekan tekanan darah secara rutin. Tekanan darah dikatakan normal apabila berkisar antara 120/70 sampai 140/90, melebihi angka tersebut seseorang akan mengalami kecenderungan menderita hipertensi. [Gejala Awal Penyakit Stroke]

2) Menjaga kadar gula agar tetap normal
Diabetes adalah jenis penyakit turunan yang banyak diderita oleh sebagian besar penduduk Indonesia, penyakit diabetes dapat memicu kerusakan sel maupun syaraf pada tubuh manusia. Selain itu penderita diabetes akan memiliki tingkat resiko tinggi untuk terkena serangan jantung. Untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal perlu diterapkan pola makan yang sehat, menggunakan gula rendah kalori, mengurangi asupan karbohidrat serta melakukan cek gula darah secara rutin.

3) Waspada kolesterol tinggi
Kolesterol secara alami memang diperlukan untuk sistem metabolisme tubuh, didalam diri manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Meningkatnya kolesterol jahat dapat memicu berbagai penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, misalnya aterosklerosis, gangguan jantung hingga serangan jantung mendadak. Mengontrol kadar kolesterol juga bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.

4) Mengkonsumsi antioksidan
Antioksidan sangat diperlukan oleh penderita jantung, fungsinya adalah untuk menguatkan otot jantung, Menstabilkan kadar gula darah, kolesterol maupun tekanan darah. Antioksidan juga berperan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak mudah sakit. Antioksidan banyak terkandung pada buah manggis, mengkudu, pome, pepaya, teh hijau, tomat dan masih banyak lagi.

Melakukan olah raga sesuai kondisi kesehatan dan dilakukan secara teratur juga termasuk ke dalam tips mencegah serangan jantung yang tidak boleh dilupakan. Semoga artikel kesehatan ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

About The Author

Related posts

error: Content is protected !!