Cara Diet Bagi Penderita Asam Urat

diet bagi penderita asam urat

Tips diet bagi penderita asam urat ~ Arti kata diet yang sesungguhnya adalah pemilahan jenis asupan makanan yang akan dikonsumsi, tetapi di Indonesia kata diet lebih identik dengan upaya menurunkan berat badan.

Diet sehat dibutuhkan oleh semua orang, terlebih lagi bagi beberapa orang yang menderita gangguan kesehatan. pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detil mengenai diet khusus bagi penderita asam urat.

Purin adalah penyebab utama meningkatnya asam urat, pada keadaan normal sebenarnya asam urat bisa dibuang oleh tubuh melalui urine atau keringat, hanya saja hal ini bisa saja terganggu apabila kerja ginjal mengalami penurunan, sedang menderita diabetes, menderita obesitas atau kelainan genetik. Diet purin sangat dianjurkan untuk penderita asam urat dengan menghindari segala jenis makanan dan minuman yang mengandung zat purin, misalnya bayam, kangkung, jerohan, kacang-kacangan dan sea food.

diet bagi penderita asam urat

diet bagi penderita asam urat

Diet rendah protein terutama pada protein hewani, misalnya olahan daging sapi, kambing atau kerbau, telur ayam, telur puyuh, telur bebek dan telur ayam kampung. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, konsumsilah jenis protein nabati yang lebih mudah untuk dicerna tubuh.

Untuk anda penderita asam urat sebaiknya gantilah nasi putih yang biasa anda konsumsi dengan nasi merah yang lebih banyak mengandung karbohidrat kompleks. Selain nasi merah, karbohidrat kompleks juga terkandung pada gandum utuh maupun olahannya yang sudah berbentuk roti ataupun oatmel. Untuk sementara waktu hindarilah konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, masakan bersantan, snack, kripik kentang dan kripik ketela.

Penyakit asam urat memang tergolong unik, karena ada beberapa jenis sayuran yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena bisa meningkatkan zat purin dalam tubuh, diantaranya adalah sayur bayam, kangkung, asparagus, kacang panjang dan kol. Agar cepat sembuh, sebaiknya anda patuh untuk tidak mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan asam urat. [cara menghilangkan kolesterol tinggi dalam darah]

Menu Diet Penderita Asam Urat

Selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari, penderita asam urat juga bisa sedikit lega karena ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi akan membuat asam urat menjadi menurun.

a) Tomat
Buah tomat selain menyegarkan juga mengandung banyak vitamin C sekaligus anti oksidan. Mengkonsumsi buah tomat secara langsung atau dengan menjadikannya jus buah yang menyegarkan akan membantu menurunkan asam urat.

b) Buah alpukat
Alpukat memang mengandung banyak lemak namun anda tidak perlu khawatir karena alpukat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat menurunkan asam urat.

c) Buah delima
Buah delima memiliki kemampuan khusus yang dapat membantu mengurangi plak didalam arteri yang umumnya sering menjadi penyebab terjadinya asam urat.

d) Buah Anggur
Buah anggur juga sangat banyak mengandung vitamin serta anti oksidan. Mengkonsumsi satu gelas jus anggur setiap hari dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah asam urat.

Demikian adalah ulasan mengenai tips diet bagi penderita asam urat semoga bermanfaat.

Pencarian Produk Herbal:

nasi goreng untuk asam urat, nasi goreng untuk penderita asam urat, nasi goreng asam urat, nasi asam urat, Makanan dan minuman untuk asam urat, apakah asam urat boleh makan nasi goreng, gandum apakah bisa buat penderita asam urat, diit khusus asam urat#spf=1, bolehkah penderita asam urat makan nasi goreng, boleh yang asam urat kolesterol makan nasi goreng, Boleh kah asam urat makan krupuk, ayam kampung boleh di konsumsi bagi penderita asam urat, Apakah nasi goreng bisa membuat asam urat, Apakah penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi nasi, apakah penderita asam urat dan kolestrol tidak boleh makan nasi putih?

About The Author

Related posts

error: Content is protected !!